Kladogram dalam Klasifikasi mahkluk Hidup

Kladogram (dari bahasa Yunani clado "cabang" dan gramma "karakter") adalah diagram yang digunakan dalam cladistics untuk menunjukkan hubungan antar organisme.

Kladogram adalah diagram yang menunjukkan kekerabatan, dengan menggunakan garis yang bercabang dengan pengelompokkan hewan berkerabat dalam suatu klade, atau kelompok organisme dengan nenek moyang terakhir yang sama.

Kladogram berisi diagram percabangan yang menggambarkan urutan perbedaan spesies dari garis leluhur yang sama, namun tanpa memperhatikan tingkat penyimpangan evolusioner.

Kladogam dapat memiliki bentuk kladogram horisontal atau mendatar, dengan akar kladogram di bagian kiri dan klade di bagian kanan. Kaldogram dapat juga memiliki bentuk kladogram vertikal atau tegak, dengan akar kladogram di bagian bawah dan klade di bagian atas. Kedua jenis kladogram memiliki bentuk garis-garis yang bercabang dari garis lainnya.

Kladogram bukanlah diagram evolusioner karena tidak menunjukkan bagaimana organisnenek moyang terkait dengan keturunan, juga tidak menunjukkan seberapa banyak perubahan evolusioner tersebut.

Kladogram dapat dibuat dengan memperhatikan kemiripan dan ciri khusus hewan, misalnya bentuk kaki, ada atau tidaknya tulang belakang, bulu, sistem peredaran darah dan sebagainya.

Dengan perkembangan teknologi, data dari materi genetik berupa rantai DNA (Deoxyribonucleic acid, atau asam deuksiribonukleat) menjadi pertimbangan penting tentang kekerabatan makhluk hidup dan pembuatan kladogram.

Contoh-contoh kladogram : 

Tiga situasi pengelompokan yang dapat dijumpai. Contoh kladogram ini menunjukkan hubungan evolusioner pada vertebrata. Kelompok berwarna merah ("hewan berdarah panas") bersifat polifiletik, kelompok berwarna biru (Reptilia) bersifat parafiletik, karena Reptilia tanpa mencakup Aves (unggas) tidak tuntas. Berdasarkan prinsip kladistika, terbentuk suatu klad dalam vertebrata, Sauropsida, yang monofiletik (warna kuning).

Kladogram menunjukkan hubungan antara spesies .  Dalam hal ini kladogram , salamander yang lebih erat terkait dengan kadal  daripada mereka yang ke hamster

Itulah tadi penjelasan mengenai kladogram dalam klasifikasi mahkluk hidup 

Tetap semangat belajar...belajar dengan semangat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar