Gametogenesis

Sifat yang kita punyai saat ini merupakan warisan yang kita terima dari kedua orang tua kita masing-masing [ ayah dan ibu ].

Untuk kepentingan reproduksi dan menjaga kelangsungan hidup suatu species dari generasi ke generasi, maka mahkluk hidup yang bersel banyak dan berkembangbiak secara seksual akan melakukan fertilisasi [ peleburan sel gamet jantan dengan sel gamet betina ] yang didahului dengan proses pembentukan sel kelamin atau gamet. Bagaimana proses pembentukan gamet terjadi ?

Gametogenesis merupakan proses pembentukan gamet atau sel kelamin yang sangat penting untuk proses perkembangbiakan mahkluk hidup secara generatif [ seksual ].

Gametogenesis terjadi pada sel-sel germinal pada kelenjar kelamin , testes  pada induk jantan dan ovarium pada induk betina

Gametogenesis pada pria disebut spermatogenesis, sedangkan pada wanita disebut oogenesis.

Apa itu SPERMATOGENESIS ?

Merupakan proses pembentukan gamet jantan/spermatozoid. Proses ini diawali oleh Spermatogonium (2n) yang akan melakukan pembelahan secara mitosis menghasilkan  spermatosit primer (2n) , selanjutnya akan mengalami  meiosis I menghasilkan spermatosit sekunder, menghasilkan dua sel anakan (n). Spermatosit sekunder akan  mengalami meiosis II menjadi spermatid, total 4 sel anak (n) yang akan tumbuh menjadi sel sperma/spermatozoid (n).

Apa itu OOGENESIS?

Merupakan proses pembentukan gamet betina/ovum. Proses ini diawali oleh Oogonium (2n) yang membelah secara mitosis menghasilkan oosit primer. Selanjutnya oosit primer mengalami meiosis I menjadi satu sel oosit sekunder dan satu sel badan polar pertama (n) . Setelah itu oosit sekunder mengalami meiosis II menghasilkan ootid yang selanjutnya akan tumbuh menjadi satu sel ovum/sel telur (n) dan satu sel badan polar kedua (n)


Setelah membaca penjelasan di atas, coba anda temukan apa saja perbedaan antara Spermatogenesis dengan oogenesis ! Sajikan dalam bentuk tabel ya...

Selamat belajar, semoga manfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar